Menapaki Romantisnya Bromo

2
Simpamg Lima Gumul, Kediri

Romantisnya bromo memang tidak ada habisnya, apalagi ketika berkunjung kesana dengan orang-orang tersayang. Perjalanan ini di mulai ketika seorang teman yang sedang belajar di Kampung Inggris, Pare-Kediri yang mengajak dan menawarkan jasa trip dari Pare ke Bromo hanya dengan 190 ribu rupiah. Tanpa pikir panjang, karena dari dulu belum pernah kesana dan tentunya sangat ingin sekali kesana. Malam itu langsung berangkat menggunakan kereta api dari stasiun Senen menuju Kediri. Lalu hari selasa subuh akhirnya tiba di stasiun Kediri dan akhirnya di jemput oleh teman.

Setelah tiba di kampung inggris pare, saya numpang menginap di camp nya teman tad bersama dengan pelajar-pelajar lain. Karena disana orang-orang belajar bahasa inggris dan sehari-hari nya di daerah camp harus menggunakan bahasa inggris, saya pun mau gam au harus mengghormati itu dengan ikut berkomunikasi bersama mereka dengan bahasa inggris. Kampung inggris ini memang luar biasa menurut saya, suasana disana yang nyaman memang sangat sesuai untuk orang-orang belajar. Setiap jam nya di jalanan sangat ramai sekali pelajar-pelajar yang menggunakan sepeda sewaan yang akan berangkat ke tempat kursusnya di sekitar situ, pelajar-pelajar ini terdiri dari pelajar sekolah menengah pertama (SMP) sampai mahasiswa juga, bahkan ada juga karyawan suatu perusahaan yang sengaja datang kesana hanya untuk belajar bahasa inggris. Bisanya ketika musim libur sekolah, banyak pelajar-pelajar yang datang ke Pare ini dari berbagai daerah di Indonesia hanya untuk belajar bahasa inggris.

CAM05520
Camp Mahesa Kampung Inggris Kecamatan Pare

Seperti yang saya lihat di Camp Mahesa, banyak pelajar-pelajar dari luar pulau jawa seperti dari riau, Kalimantan bahkan dari ambon. Setiap rumah di daerah kampung inggris ini selalu di fungsikan oleh warga setempat sebagai ruangan untuk kursus para pelajar, untuk jualan makanan dan usaha-usaha kebutuhan sehari-hari lainya dan ada juga toko peminjaman peralatan Outdoor yang biasa di gunakan pelajar untuk mendaki gunung sumeru. Untuk ruangan kursus pelajar ini sangat sederhana seperti teras rumah yang di fasilitasi dengan kipas angin, alas karpet dan papan tulis. Walaupun sederhana lingkungan di kampung inggris ini sangat memiliki motivasi yang besar untuk para pelajar ini bersemangat belajar. Karena seperti yang saya bilang tadi, tempat ini sangat kondusif bagaikan lembaga pendidikan formal seperti sekolah yang sangat besar namun sekolah ini sangat luas meliputi Kecamatan Pare di kabupaten Kediri.

Begitu banyaknya orang-orang yang datang kesana untuk belajar, tentunya untuk makanan dan minuman disana terbilang murah di banding dengan Jakarta dan karena ini sudah masuk masuk Provinsi jawa timur yang memang biasanya terkenal dengan kuliner dengan harga-harga sangat ekonomis termasuk juga untuk penyewaan kamar atau camp yang sangat terjangkau untuk ukuran pelajar. Disitu juga tersedia agen perjalanan yang menawarkan trip-trip murah ke berbagai daerah seputar jawa timur, nah dari situ teman saya ini dapat info trip ke bromo hanya 190 ribu rupiah.

CAM05806
Simpang Lima Gumul Kediri malam hari, Ikon Kabupaten Kediri

Cerita punya cerita, akhirnya kami mulai berangkat jam 10.00 wib malam dari kampung inggris dengan menggunakan mobil Mini elf yang telah di siapkan agen perjalanan. Sekitar jam 3 kami sudah tiba di kabupaten malang sambil menjemput beberapa orang yang juga ikut trip ini. Sekitar jam 04.00 subuh kami sudah tiba di basecamp tempat dimana kami harus bertukar mobil dengan menaiki mobil Jeep Khusus untuk medan bromo yang berpasir. Untuk info nih, Gunung Bormo ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo ini terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Subuh itu mulai terasa dingin karena mobil jeep yang kami tumpangi mulai masuk di ketinggian 2000 mdpl lebih menuju puncak bromo. Kami pun mulai turun dan berjalan kaki dari jalanan yang penuh dengan ratusan mobil jeep yang parkir. Memang seperti ini kondisinya, saking banyaknya yang berkunjung kesana jadi tidak semua mobil bisa naik parkir sampai ke atas, jadi banyak yang parkir jauh dibawah dan kita harus turun berjalan tentunya tidak kami saja subuh itu yang berjalan mendaki jalanan menanjak itu. Akhirnya kami sampai di lokasi tempa biasa orang melihat gunug bromo dari atas, tempat itu bagaikan beranda yang di buat seperti tribun penonton dengan di pagari pinggirnya. Walaupun tersedia kursi, namun karena pengunjunya sanagat ramai banyak pengunjung yang merapat langsung ke pagarnya agar dapat melihat lebih jelas Indahnya bromo menjelang matahari terbit waktu itu.

Kondisi saat itu memang sangat dingin sekali, banyak warga sekitar yang menyewakan jaket-jaket tebal kepada pengunjung baik lokal maupun mancanegara yang tak kalah banyaknya juga datang kesana. Berikut dokumentasinya.

1
Puncak beranda tempat melihat bromo dari atas
CAM05754
Pasir Berbisik di kaki gunung bromo
CAM05764
Padang pasir tandus di kaki gunug bromo

Sebelum sampai ke anak tangga pendakian kawah gunung bromo, kita harus melewati padang pasir tandus yang cukup berat. Disini setiap pijakan kita akan terbenam ke dalam pasir yang cukup tebal, jadi memang banyak menguras tenaga. tidak sedikit juga di lokasi ini orang menggunakan jasa kuda sewaan yang akan membawa ke bawah anak tangga. karena dari lokasi parkir tempat kita turun dari jeep cukup jauh menuju ke bawah anak tangga.

 

CAM05771
Tangga pendakian ke puncak kawah bromo
CAM05785
Dari atas tangga pendakian

Kondisi anak tengga yang hanya pas-pas buat satu orang. ada dua sisi anak tangga, yang satu untuk orang yang turun dan yang satu untuk orang naik. dari atas anak tangga ini terlihat seperti tiitik-titik yang berkumpul pada satu tempat itu adalah lokasi parkir mobil-mobil jeep yang membawa kami tadi.

1442114153966
Tempat Istirahat di pinggir anak tangga

1442114260371

Jadi di sepanjang anak tangga pendakian ke kawah gunung bromo terdapat ruang kecil berpagar di kiri dan kanan tangga pendakian yang digunakan untuk istirahat. karena bila pendaki beristirahat dengan berhenti di anak tangga pendakian itu akan menghambat pendaki lain yang ingin mendaki anak tangga itu lebih dulu.

Cuaca yang panas pagi itu, kondisi pasir yang gersang di tambah angin yang dingin wilayah dataran tinggi semakin membuat sulit untuk bernafas. sedikit saran aja buat yang ingin berkunjung kesana, persiapkan perlenkapan yang harus di gunakan yaitu :

  1. Jaket, karena tiba nya subuh dini hari lokasi yang sangat dingin di beranda untuk melihat bromo dari atas tadi.
  2. Sarung tangan, Kondisi yang dingin tersebut sangat membuat telapak tangan beserta jari-jari menjadi kaku dan dingin.
  3. Buff atau Masker, Berguna untuk menangkal hawa dingin yang masuk secara berlebihan ke mulut,hidung bahkan debu yang terangkat dari pasir yang kita pijak dan untuk menjaga nafas agar tetap hangat di sekitar mulut.
  4. Sepatu, lebih baik pakai sepatu tracking. karena kondisi medan bromo ini berpasir tebal sepatu in lebih mengingit untuk melangkah dan meminimalisir pasir-pasir yang pasti akan masuk ke dalam sepatu bila memakai sepatu biasa seperti sepatu running.
  5. Air Minum, jangan lupa membawa air minum, karena kondisi matahari panas dan cuaca yang dingin akan cepat membuat kerongan kering dan haus.
CAM05772
Pinggir kawah Bromo
IMG_0830
Dari puncak kawah bromo terdapat latar bukit-bukit indah nan menawan

Lalu stelah turun dari puncak kawah gunung bromo, kami di bawa ke padang pasir gersang yang jauh dari lokasi kawah tadi. lokasi ini kita bisa berfoto dengan latar gunung bromo dan bukit di sebelahnya.

1442115450374
Padang Pasir

Kemudian ada Bukit rumput ilalang seperti bukit teletubies, namun saat itu kurang hijau tapi masih indah di pandang mata bila dapat mengampil posisi yang pas untuk berfoto dengan latar bukit bagaikan dinding kokoh mengelilingi lokasi tersebut.

1442115450882
Bukit teletubies

CAM05722

CAM05751
Kaki Bukit Teletubies
1442114067024
Pose ala Capoeira dengan latar Bukit yang menawan
1442113874697
Keep Walk
1442113388772
Bersama pelajar-pelajar kampung inggris Pare
IMG_0808
Padang Pasir dengan Latar Bukit

Baiklah Sekian perjalanan saya di Kediri dan bromo kali ini. See You Again On The Next Trip

Terimakasih

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s